Selasa, 14 Februari 2012

Profil KARTU



Sejarah Singkat KARTU

Berawal dari perkumpulan pemuda Kp. Tanjakan Pala yang memiliki pemikiran dan tujuan yang sama untuk menciptakan masyarakat yang sejahtera, maka terbentuklah sebuah organisasi yang bernama KARTU (Karang Taruna Tanjakan Pala Bersatu) yang berdiri pada tanggal 19 November 2010 yang di deklarasikan di SDN Palasari Kp. Tanjakan Pala tepatnya pada pukul 08.00 WIB. Sekarang KARTU telah menjadi sebuah organisasi kemasyarakatan yang berada di bawah naungan RW 04 Kel. Bojongherang Kec. Cianjur Kab. Cianjur.

KARTU merupakan salah satu organisasi sosial kemasyarakatan dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial dan perkembangan Karang Taruna yang semakin berperan di dalam masyarakat dan untuk lebih meningkatkan efektivitas kegiatan kemasyarakatan, serta wadah bagi para pemuda Kp. Tanjakan Pala khususnya untuk menciptakan pemuda yang berkualitas dan berkarakter yang memiliki tanggung jawab sosial.


Maksud dan Tujuan KARTU

  1. Mewujudkan pertumbuhan dan perkembangan setiap anggota masyarakat yang berkualitas, terampil, cerdas, inovatif, berkarakter serta memiliki kesadaran dan tanggung jawab sosial dalam mencegah, menangkal, menanggulangi dan mengantisipasi berbagai masalah kesejahteraan sosial, khususnya generasi muda.
  2. Menciptakan kualitas kesejahteraan sosial setiap anggota masyarakat terutama generasi muda secara terpadu, terarah, menyeluruh serta berkelanjutan.
  3. Mengembangkan usaha menuju kemandirian setiap anggota masyarakat terutama generasi muda.
  4. Mengembangkan kemitraan yang menjamin peningkatan kemampuan dan potensi generasi muda secara terarah dan berkesinambungan.


Makna dan Lambang KARTU

  1. Bunga Teratai yang mulai mekar melambangkan unsur remaja yang dijiwai semangat kemasyarakatan (sosial).
  2. Lingkaran menggambarkan sebuah tameng, sebagai lambang Ketahanan Nasional.
  3. Bunga Teratai yang mekar berdaun lima helai melambangkan lingkungan kehidupan masyarakat yang sejahtera merata berlandaskan Pancasila.
  4. Gambar Pegangan empat tangan memiliki makna bahwa setiap anggota memiliki jiwa kekompakkan dan komitmen terhadap organisasi dan mempersatukan seluruh elemen masyarakat.
  5. Bintang arah mata angin bermakna bahwa organisasi KARTU memiliki arah dan tujuan untuk kesejahteraan masyarakat.
  6. Empat warna pada lengan (Merah, Kuning, Biru, Hijau) Melambangkan keberagaman antar masyarakat yang bersatu untuk membina kesejahteraan.
  7. Arti warna:

- Putih: Kesucian, tidak tercela, tidak ternoda.

- Merah: Keberanian, sabar, tenang, dan dapat mengendalikan diri, tekad pantang mundur.

- Hitam : Kepemimpinan yang ulet dan tabah


Motto KARTU

“Ngumpulkeun Dulur Sadaya, Ngajadikeun Citra Lembur Sejahtera”

0 komentar:

Posting Komentar